Kamis, 16 April 2009

SEMINAR PARENTING



Tepatnya tanggal 26 Maret lalu, SD Muhammadiyah Program Khusus (SDMPK) Pracimantoro bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), menyelenggarakan seminar regional Parenting (Tentang menjadi orang tua) dengan tema "Mengenal Dunia Anak". Acara yang melibatkan seluruh stake holder SDMPK antara lain; dewan ustadz/guru, wali murid, yayasan, pemerintah setempat, dan tokoh masyarakat tersebut, menghadirkan nara sumber; Ibu Sri Lestari,S.Psi, M.Si, KH.Drs.Marpuji Ali, M.Si, (keduanya dosen UMS) dan Drs. Agus Wahyu, M.Ag, dosen STAIN Surakarta, sekaligus Kepala Sekolah SDMPK. Selain dilaksanakan diskusi/seminar, acara tersebut juga dibarengi dengan praktek nyata pendampingan orang tua disaat anak belajar.
Kegiatan tersebut dilatari oleh fenomena besarnya peran dan pengaruh orang tua dalam mensukseskan pendidikan anak-anak mereka. Kebanyakan anak yang "berkelakuan lain" di SDMPK berlatarbelakang keluarga yang kurang harmonis, dan efeknya kurang perhatian terhadap anak. Selain itu, fenomena dominan di masyarakat kita menunjukkan bahwa orang tua lebih mementingkan pekerjaan mereka dari pada memperhatikan anak. Belum lagi seringnya terjadi kekerasan fisik terhadap anak yang banyak dilakukan oleh orang tua; baca: ibu kandung terhadap anaknya. Oleh karena itu para pemakalah merekomendasikan semua orang tua untuk memperhatikan pendidikan anak mereka. "Sayang tidak atau belum ada sekolah orang tua" kata Ibu Sri, yang sekarang sedang menekuni thema parenting ini untuk desertasinya. Bagaimana komentar para peserta? "Kegiatan ini sangat bermanfaat, oleh karenanya perlu dibuat rutin", komentar beberapa hadirin.
Selama ini dalam pertemuan rutin bulanan wali murid, SDMPK sering kaling mengadakan acara serupa. Sehingga bukan hanya murid yang jadi fokus pendidikan SDMPK, tetapi juga orang tua dan masyarakat.

1 komentar:

Averochme mengatakan...

hehe...fotonya kurang "klik" tuh ma yg tgl 26