Rabu, 09 Desember 2009

KEMBANGKAN BAKAT DAN MINATMU


Inovasi dalam bidang pendidikan senantiasa berjalan. Mulai dari kurikulum, metode, bahkan sampai menyentuh ranah filsafat. Seperti inovasi dalam paradigma pendidikan. Jika pada awal abad 20-an, Intelectual Intellegence menjadi satu-satunya fokus untuk dikembangkan dalam pendidikan, maka saat ini mulai disadari bahwa ternyata ada berbagai maca kecerdasan yang harus dikembangkan melalui proses pendidikan. Gardner menyebutnya dengan muliple intellegence (kecerdasan majemuk). Ada kecerdasan matematika-bahasa, emosi, spiritual, musikal, cinestetic (tubuh), ruang, inter-personal dan antar-personal.

Menyadari akan banyak kecerdasan yang harus dikembangkan, maka pendidikan yang masih bersifat monoton tentu tidak memadai lagi. Itulah karenanya berkembang istilah PAIKEM (Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan). Inovasi metode, materi hingga media belajar sangat diperlukan untuk itu.

Karena itulah SD Muhammadiyah Pracimantoro, kecuali menyelenggarakan pembelajaran dengan konsep PAIKEM di atas, juga menyelenggarakan pembelajaran ektra kurikuler(exscul). Diantaranya adalah pencak silat, seni rupa, kepanduan Hizbul Wathan (HW), Tilawatil Qur'an, Badminton, renang dan tentu sepak bola.

Dengan beragam pelajaran ekstra tersebut diharapkan seluruh potensi yang dimiliki anak didik dapat berkembang secara maksimal. Tentu saja sekolah bukan segala-galanya, peran orang tua untuk menindaklanjuti kegiatan anaknya perlu juga dilakukan. Di sekolah mereka belajar berenang hanya 2 jam dalam sebulan, mungkin oratuang harus menambahi sendiri setiap pekan. sehingga anak dapat berlatih secara maksimal.

Dengan variasi kegiatan tersebut maka anak akan lebih bersemanagat dalam belajar dan tidak mudah jenuh. Karena itu dukungan berbagai pihak terhadap SD Muhammadiyah PK Pracimantoro perlu dilakukan. Semoga.......

Tidak ada komentar: