Minggu, 18 Juli 2010

OUTBOND DI PLASA WADUK SERBA GUNA WONOGIRI



Penutupan tahun pelajaran 2009-2010 bagi siswa-siswi SD Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Selain karena mereka akan segera libur panjang, mereka juga akan segera mengikuti kegiatan outbond. Seperti biasanya penutupan tahun pelajaran selalu digunakan untuk kegiatan outbond. Berbeda dengan kegiatan outbond-outbond sebelumnya, untuk outbond kali ini dilaksanakan bersama antara team outbond SDMPK bekerjasama dengan TRACK event organizer outbond professional di wilayah Kab. Wonogiri.

Kegaiatn Outbond kali ini dilaksankan di arena Plaza Waduk Serba Guna Gajah Mungkur Wonogiri. Outbond dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2010, dua hari sebelum anak masuk kembali ke sekolah. Semua siswa dari kelas dua hingga kelas lima sebanyak 155 anak, bersama 17 orang guru mengikuti kegiatan outbond dengan penuh antusiasme.

Pukul 07.00 persis rombongan peserta outbond dengan menggunakan dua bis besar berangkat dari sekolah menuju lokasi outbond. Yang seru adalah perjalanan ke arena outbond yang berjarak 40 km. dari sekolah, merupakan kali pertama anak-anak pergi dengan bis tanpa dibarengi orang tua mereka. Dari siswa kelas satu hingga kelas lima harus berangkat sendiri, lengkap dengan bekal makanan dan minuman yang mereka bawa dengan tas di punggung mereka. Hebat lho teman-teman...., tidak satupun peserta yang tidak gembira dalam perjalanan itu. Mereka bernyanyi bersama dengan didampingi ustad-ustadzah pembimbing. Hbat yaa... keberanian mereka.

Tepat jam 08.30 kegiatan outbond telah dimulai. Diawali dengan senam pemanasan, semua siswa membentuk barisan dan segera memulai senam.Setelah itu, semua siswa dibagi menjadi 10 kelompok. Dan semua kelompok harus menyelesaikan 9 permainan. Mulai dari Logika Air, Meniti Tali, jarring laba-Laba, hingga flying fox, dan sebagainya. Wah seru deh....., ada diantara mereka yang pemberani, suka-ria mengikuti instruksi team pembina dari TRACK, ada juga yang takut-takut cemas, tapi ada beberapa yang menyerah karena tidak berani menghadapi tantangan game outbond.

Ketika ditanya tentang tujuan diadakan kegiatan outbond, Ust. Mulayani, Wakaes Bidang Kesiswaan menjelaskan bahwa; out bond pada prinsipnya adalah bagian dari metode pendidikan di SDMPK Pracimantoro. Adapun tujuannya adalah untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian siswa, sehingga mereka memiliki kepribadian yang mulia, sebagaimana visi SDMPK yakni BERKHARAKTER DAN CERDAS.

Masing-masing game mempunyai tujuan berbeda. Logika air misalnya untuk membentuk jiwa kepemimpinan siswa, melatih kerja-sama. Merambat Jaring Laba-Laba memmiliki tujuan menumbuhkan dan mengembangkan jiwa pemberani, ulet, tidak mudah putus asa. Dan sebagainya.

Tim Blogspot, yang ikut mengamati jalannya kegiatan Outbond merasa kagum dengan antusiasme siswa bahkan juga wali. Hampir 50 % wali murid mengawal anak-anak mereka hingga di arena outbond sekalipun harus berangkat sendiri-sendiri. Sekalipun untuk acara itu, tentu mereka harus mengeluarkan biaya sendiri, tetapi kesannya sungguh sangat baik. Hampir semua wali merasa puas dengan kegiatan outbond saat ini.
Seperti dituturkan oleh para siswa kelas dua ketika mereka ditanya tentang kesan outbond mereka menjawab bahwa outbond sangat menyenangkan. Dan mereka puas mengikutinya. Begitu juga sambutan wali murid, diantaranya adalah komentar Bapak Bambang Gunarso. Menurut Beliau, kegiatan outbond kali ini sukses, anak-anak sangat puas dan gembira.

Yang tidak kalah penting dari semua tujuan outbond adalah refreshing. Ya kan??????
Dengan dilaksanakannya outbond, diharapkan semua siswa bahkan juga gurunya kembali fresh untuk melanjutkan kegiatan belajar-mengajar di SD Muh Pk, sehingga mereka memiliki kharakter yang mulia dan berkecerdasan yang multi. SEMOGA.

Tidak ada komentar: