Rabu, 03 Maret 2010

TIM OLIMPIADE SAIN KUARK 2010



Pada hari Sabtu,20 Pebruari 2010 yang lalu, Majalah Sain Kuark mengadakan lomba Olimpiade Sain Kuark (OSK) 2010 yang dilaksanakan diberbagai kota secara serempak di seluruh Indonesia. OSK adalah agenda rutin dari Majalah Sain Kuark tersebut. Materi lomba dibedakn menjadi 3 kategori/level. Level 1 untuk kelas satu dan dua, level 2 untuk kelas tiga dan empat, sedang level 3 untuk kelas lima dan enam. Penyelenggara OSK untuk wilayah yang paling dekat dengan Pracimantoro adalah SD Muhammadiyah Condong Catur Yogyakarta. Untuk itu SD Muhammadiyah PK Pracimantoro mengirimkan peserta OSK tahun ini ke SD Muh.Concat. tersebut. Tim peserta terdiri dari 12 siswa dan 2 guru pengawas. Para peserta tersebut adalah; Argi, Diva, Ima, Inaz, Mita, Syarif, Ayu, Lala, Icha, Fadli, Fatur, Dani dan Dian.

Mengingat SDMPK Praci baru sampai kelas empat, serta ikut untuk yang pertama kalinya, maka pada OSK 2010 ini hanya mengirim peserta untuk level 2, yang terdiri dari peserta kelas tiga dan empat. Untuk level 1 sengaja belum mengirimkan peserta. Ketika dikonfirmasi, Waka. III, Ust. Mulyani menjelaskan bahwa, untuk kali ini masih dalam rangka menjajagi, karenanya belum mengirim level 1. Insyaallah untuk tahun depan kita akan mengirimkan peserta.

Setelah selesai mengikuti lomba OSK, tim OSK SDMPK melanjutkan perjalanan untuk tour ke Taman Pintar Yogyakarta. Wah anak-anak kelihatan gembira dan antusias mengamati berbagai karya sain dan teknologi dari sekolah-sekolah di lingkungan DIY. Berangkat jam 05.00 WIB, akhirnya pulang pada sore hari tepatnya pukul 16 sampai kampus SDMPK kembali. Wah pasti capai ya? "Tentu, tapi kan gembira," celoteh para peserta menanggapi teman-teman mereka setelah kembali masuk sekolah pada hari Seninya.

Ketika tim Bloger mewancarai salah satu peserta utusan SDMPK tentang bobot soal, jawab mereka ya relatif bisa dikerjakan. Tim menafsirkan, soal dirasakan agak sulit untuk mereka. Artinya mungkin persiapan untuk tahun depan bisa lebih dimaksimalkan. Ketika ditanya perihal maksud keikutsertaan tim OSK SDMPK Praci, Kepala Sekolah, Ust.Agus Wahyu menjelaskan bahwa OSK merupakan media untuk bersosialisasi bagi anak-anak kita dalam bidang lomba sain. Diharapkan muncul kesadaran kompetisi di benak siswa-siswa SDMPK. Kesadaran ini, insyaallah akan menular dan akhirnya mewarnai tradisi belajar-mengajar di lingkungan SDMPK. Ketika ditanya tentang target, Pak KS menjawab bahwa, "Targetnya ya anak-anak ada yang bisa masuk semi final yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang." Jika target tidak tercapai, pesan Ust. Agus, anak-anak tidak perlu patah semangat, pasti ada hikmah dan manfaatnya bagi kita keluarga besar SDMPK. Tidak lupa Pak KS juga menyampaikan banyak terima kasih kepada orang tua wali yang sudah memberi dukungan untuk putra-putrinya. Pasti Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan pengorbanan Bapak-Ibu wali Murid.

Wah selamat ya... semoga kalian nanti menjadi ilmuwan sain dan teknolog yang bermanfaat bagi kehidupan semesta. Amin.

Tidak ada komentar: